Membuat Email DiDomain Sendiri Dengan Windows Live

kalau waktu postingan sebelumnya Membuat Email DiDomain Sendiri Memakai Google Apps disini saya akan membuat email dengan windows live, sebenarnya sama saja intinya domain kita bisa menerima email dan email kita menjadi nama@domain.kita, yang membedakan disini adalah aplikasi yang kita pakai, kalau yang kemarin memakai google tapi kalau sekarang memakai Windows Live, dan tentunya juga perbedaan didalam aplikasi ini terutama fiturnya juga ada, nanti dibawah saya akan jelaskan apa kehebatan Windows Live ini, langsung saja yah, keburu ketahuan istri.. *genin mode* wkwkw...
oh iya, sebelumnya saya kasih tahu saya tetap memakai domain gratisan, tapi sekarang co.cc, kalau yang dulu cz.cc, berikut langkah-langkahnya..
klik disini untuk mendaftar atau buka website http://domains.live.com, pilih "Get Started". perlu saya ingatkan anda login ke windows live dengan akun anda terlebih dahulu, agar memudahkan dalam pengaturan email admin.













masukkan domain anda dan klik Continue














selanjutnya klik saya terima nikah dan kawinya domainku dengan windows live *haha*















nah, nanti anda disuruh isi zone reocrd atau dns apalah, pokoknya intinya setup domainmu lah..
disini saya make yang MX Server:















copy paste (copas) langung menuju ke TKP domain..
pilih setup Zone record, kalau co.cc saya seperti ini:














 

Note : bila domain anda bukan co.cc silahkan lihat cara setingnya dipostingan saya sebelumnya..
udah klik oke atau setup, langsung menuju ke windows live lagi.. klik refresh..















bila updating nya ga berhasil berarti anda ada yang salah, atau kalo nggak gitu anda tunggu sampai 30 menitan dulu deh.. kalau udah 30 menit lom bisa, anda lapor tuh ke RT..
Oke, kalau anda berhasil akan di arahkan ke gambar seperti ini:















Klik saja Add buat adminya dulu..















klik OK:














Okey beres deh.. tinggal seting server, DNS yang dibutuhkan buat nerima mailnya, code yang anda copas tadi bawahnya masih belum disetingkan, kurang lebih seperti ini urainya *punya saya*

    DNS record type: CNAME
    Host: 5111123
    Value: domains.live.com

    DNS record type: TXT
    Host: ciut.co.cc <~ domain anda
    Value: v=spf1 include:hotmail.com ~all
    TTL: 3600 or 1 hour (if requested)


    DNS record type: SRV
    Service: _sipfederationtls._tcp.ciut.co.cc <~ domain elo
    Protocol: _tcp
    Domain Name: ciut.co.cc <~ domain elo
    Priority: 10 (or High priority)
    Weight: 2
    Port: 5061
    Target: federation.messenger.msn.com

ingat, disini tidak mesti sama persis seperti konfigurasi diatas, tergantung domain dan yang diberikan oleh live saja, dan saya himbau bila anda bingung anda copas semua paste di google translate.
beres deh.. kalau mau login ke http://mail.live.com
fitur windows live:
1. Untuk pemiliknya. Selain dapat mengakses e-mail, alamat tersebut juga bisa dipakai untuk chatting menggunakan Windows Live Messenger ataupun login di berbagai services Windows Live lainnya.

2. Windows Live Domains  juga mendukung open membership. Maksudnya, jika pada konfigurasi diatas eanda mencontohkan proses pembuatan e-mail secara manual (dilsayakan oleh administrator domain), sebenarnya anda bisa saja mengubah status implementasi e-mail di domain yang sudah didaftarkan menjadi "terbuka". (Sehingga semua orang bisa ikut membuat email dengan akhiran @domainanda.com). Untuk mengubah status, setiap saat bisa dilakukan dengan cara masuk kembali ke website administrasi di http://domains.live.com. Setelah login, anda akan melihat menu "Sign-up Module" yang berisi sintaks HTML yang bisa kita tambahkan pada halaman web yang kita inginkan. Modul ini juga bisa ditambahkan pada e-mail sebagai undangan.

3.Tampilan Hotmail berdomain khusus milik kami masih bisa dipercantik dengan mengaktifkan feature co-branding. Dengan feature ini, pemilik domain bisa meng-upload foto atau logo yang di¬tampilkan sebagai header pada webmail, Hotmail yang diakses oleh user. Dengan menambahkan logo, tentunya tampilan webmail menjadi terlihat lebih profesional dan pribadi. Bahkan anda dapat merubah URL (alamat) untuk mengakses email tersebut yang dulunya dapat diakses melalui http://mail.live.com sekarang dapat dimodifikasi menjadi http://mail.domainanda.com (ex: http://mail.ciut.co.cc).

4. Feature-feature stelor yang dimiliki oleh Windows Live Hotmail bisa dinikmati juga oleh user yang kita definisikan pada Windows Live Domains ini. Di antaranya adalah: Kapasitas mailbox yang besar, mencapai 5 GB per user.

Proteksi terhadap e-mail sampah (junk e-mail) menggunakan teknologi Microsoft SmartScreen. Antivirus pada server e-mail. Integrasi dengan Windows Live Messenger serta semua aplikasi dan services yang menggunakan autentikasi berbasis Windows Live ID. Akses berbasis webmail seperti halnya Hotmail atau Yahoo Mail yang sudah populer.

5. jika anda atau user anda menggunakan aplikasi Microsoft Outlook di komputernya, anda bisa men-download dan meng-install aplikasi Outlook Connector pada alamat http://office.microsoft.com/en-us/outlook/HA102225181033.aspx.

Outlook Connector ini digunakan untuk mengakses mailbox yang ada di Windows Live Domains menggunakan Microsoft Outlook.
Dengan software ini, user tidak perlu selalu terhubung dengan Internet. add-on Pemilik domain dapat membuat banner yang bisa ditampilkan pada halaman website atau email. Kode HTML untuk ditambahkan pada halaman web juga disediakan. custom logo Admin bisa meng-upload file logo untuk memberikan branding image di website webmail.
sekian artikel dari saya, saya sampaikan terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.. :D

1 komentar:

Ada yang mau Anda sampaikan? Silahkan Anda masukkan komentar, kritik atau saran Anda! Dan terimakasih untuk tidak spam.