Cara membuat website Share Hosting Sederhana dengan Kleeja

Bismillah.. Dear ciuterz.. Hallo semuanya.. pada artikel kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara membuat website atau situs seperti 4shared, ziddu atau RapidShare intinya adalah membuat website berbasis hosting untuk berbagi dengan semuanya. Kleeja apa itu Kleeja, Klejaa adalah sebuah generator website hosting yang bisa dibilang lumayan canggih, nah Kleeja ini bukan sebuah blog seperti wordpress ataupun flatpress atau joomla bukan juga emobile blog atau b2evolotion yang berbasis blog untuk mencatat apa ya :cc:, dengan Kleeja ini kita bisa membuat website hosting yang sederhana..
contohnya bisa dilihat di http://ciut.cf/files Kleeja ini sangat cocok dipakai untuk komunitas kecil kecilan seperti ciut, atau buat kita yang mempunyai banyak space webhosting yang tidak dipakai dan dari pada mubazir, maka dari itu Kleeja kita butuhkan agar semua orang bisa menampung files mereka dihostingan kita juga, walaupun mereka tidak membayar tapi hitung hitung buat amal :D, sebenarnya ada juga HostMy yang tidak kalah keren, satu produk juga kayaknya, untuk cara install Host My next post aja yah kalau ada waktu, kembali lagi ke kleeja, lalu bagaimana cara membuat website hosting kita, mudah kok.. tinggal install saja beres.. mari kita lakukan.. oh iya perlu saya ingatkan terlebih dahulu hosting yang anda pakai harus support php serta MySQL karena software ini membutuhkan script php4+ dan MySql4+ serta GD2+ untuk menginstall nya, dan saya menghimbau untuk yang ingin serius beramal silahkan memakai hosting yang unlimited+bebayar karena bila ada masalah dengan hostingan anda bukan hanya anda saja yang merasa kecewa atau kehilangan, yang numpang pasti iya, tapi kalau untuk belajar saja ya ayoo kita mulai.. di bawah ini adalah tutorial cara install Kleeja di hosting secara manual, otomatisnya tidak ada rasanya, atau mungkin saya yang tidak tahu, okelah lanjut.. silahkan login terlebih dahulu pada panel manager file anda, tidak tahu caranya? klik disini. setelah anda login silahkan anda download terlebih dahulu installasi Kleeja nya, atau anda ingin menggunakan cara download cepat lewat SSH bisa anda lihat caranya dihalaman ini, silahkan ambil cara atau point downloads nya saja. Anda bisa download di website nya http://www.kleeja.com/download/ tapi disana menggunakan bahasa arabic, secara website nya orang arab, bila anda tidak mau ambil pusing kami memiliki file installasi nya, bisa anda download disini. ini adalah versi terbarunya ketika artikel ini dibuat, ada masalah dengan downloadnya? download miror disini. setelah anda mendowload anda bisa memasukkan installasi tersebut pada directory dimana mau di-install nya, setelah prosesnya selesai seperti biasanya extract dahulu file nya, setelah di extract silahkan menuju halaman website anda, contoh http://ciut.cf/files bila tidak muncul proses installasi silahakan anda menambahkan /install pada alamatnya, contoh http://ciut.cf/install dan bila tidak ada yang salah maka anda akan menemui halaman seperti ini:












ya kita masuk proses installasi, silahkan pilih bahasa dan klik Next maka anda akan diarahkan menuju halaman seperti ini:












Klik New Installation bila anda ingin install maka anda akan diarahkan menuju halaman persetujuan:












Mark
atau tandai pada kotak centang I Agree dan klik Continue maka anda akan menemui halaman pengecekan Functions:












Bila hijau semua silahkan Klik Continue, bila ada yang merah berarti file installasi ada yang hilang atau proses extract / uploadnya tidak 100% sempurna, setelah anda klik Continue maka anda akan diarahkan menuju halaman konfigurasi, silahkan anda menuju cPanel anda dan buat 1 file database MySQL, setelah anda buat silahkan anda isi halaman config nya:












jangan bingung kalau text atau kata dimulai dari kanan, karena ini memang arabic :D. Silahkan isi server host mySQL, nama databasenya dan username databasenya serta password databasenya, untuk bawahnya anda bisa mengganti atau membiarkan, anda juga bisa mengganti ./forum atau membiarakanya, setelah anda mengisinya silahkan klik Continue akan muncul halaman seperti ini:












klik Continue maka anda akan menuju halaman seperti ini:












Saya juga tidak tahu kenapa diketawain padahal belum selesai installasinya, lanjut silahkan klik Continue:












Pada halaman diatas adalah halaman tempat mengisikan data anda, silahkan di isi bila sudah silahkan klik lagi Continue:
enaknya jadi Continue ditekan mlulu :lol: lanjut yah.. anda akan menemui halaman identifikasi data seperti ini:










Bila hijau silahkan klik Continue, bila ada yang merah berarti ada yang salah, Setelah anda klik Continue maka anda akan menemui halaman sukses installasi seperti dibawah ini:












Selamat, anda berhasil install kleeja1.0.0 RC6..
Untuk login ke admin panel silahkan ke http://ciut.cf/files/ucp.php?go=login Eitss jangan lupa ada tulisan please remove the Install Directory, seperti biasa sehabis install silahkan hapus folder atau dir install, dan ada 1 lagi, agar users bisa upload files pada hosting anda, anda harus mengizinkan beberapa dir engine file, tapi biasanya sudah otomatis cmode rwxrwxrwx tanpa diset, tapi kalau masih belum perms 777 (rwxrwxrwx) silahkan ganti perms pada folder "uploads" dan "uploads/thumbs/" serta "cache" iya anda harus change mode atau merubah cMode nya menjadi 777 bila sudah anda beri permisson 777 silahkan ditest :D, dan jangan lupa Alhamdulillah, sekian artikel dari saya semoga artikel yang saya tulis selalu memberi manfaat buat anda yang membaca, amien..

Rules : kini kleeja version 2.0.0 Alpha 5 sudah direlease bisa didownloads disini. miror disini atau bisa downloads kleeja version 1.0.0 RC 6 disini. HostMy kleeja yang dikembangkan bisa downloads disini miror disini disini dan disini atau disini masih tidak bisa mirror lagi disini disini dan disini untuk artikel nya menyusul saya posting.
Tags : Cara install kleeja generator, Cara membuat website seperti 4shared, Cara install klejaa di hosting gratis, Cara install klejaa secara manual, Apa kleeja itu, Bagaimana membuat website share hosting, how to install kleeja generator in my hosting manually, bagaimana membuat situs seperti ziddu, cara membuat mysql database, cara membuat situs hosting umum

5 komentar:

  1. wah matep gan, ditunggu postingan hostmy nya :D

    BalasHapus
  2. Donwload di sini www.kleeja.com/latest_kleeja/

    BalasHapus
  3. here old version
    http://sinhvienit.net/forum/attachment/6825/1291395043/SinhVienIT.Net---kleeja_1.0.0RC6.zip.html

    BalasHapus
  4. bisa ga di edit tempalte bwaan kleeja nya . . . ?

    BalasHapus

Ada yang mau Anda sampaikan? Silahkan Anda masukkan komentar, kritik atau saran Anda! Dan terimakasih untuk tidak spam.