Laman

Cara membuat URL Shortener dengan YOURLS

Bagaimana membuat web seperti goo.gl yah Google URL Shortener, nampaknya sekarang ini tidak musim lagi domain panjang², karena ada solusi seperti ini, seperti yang kita tahu twitter memiliki t.co dan YouTube memiliki youtu.be facebook punya fb.me WordPress punya wp.me dan yahoo juga punya y.ahoo.it sebagai URL Shortener, namun kenyataanya mereka kebanyakan membuat itu untuk menjangkau link web nya yang terlalu panjang, atau seperti bit.ly yang memanfaatkan hits nya sebagi publise iklan, atau apa lagi ya shorl.com ini tidak tahu pasti kalau shortu.rl ini nampaknya pernah dibahas, seperti yang lagi musim sekarang ini goo.gl
ini milik umum, ya milik kita bersama, bahkan tanpa mendaftar pun kita bisa menikmati fasilitasnya, tapi kita tidak bisa melihat statis nya, beda kalau kita punya akun google, kita bisa melihat ulang bagaimana statis atau yah bisa dicoba sendiri dari pada saya berbelit² menerangkan, lalu pie gawene? mudah ada beberapa yang mengembangkan cms seperti ini, salah satunya yoURLs pada saat saya kenal ini ribetttttttt sekali cara installasinya, suer deh, saya sampai geleng², coba-coba ndak ngerti, mau tanya tanya siapa, mau baca di wiki nya kok ingris semua, males baca saya jangankan tulisan english, indonesia saja malas baca saya kalau tidak ada gunanya. wkwkw.. tapi saya menemukan sebuah blog dan ini masih satu²nya pada pencarian google.co.id indonesia yang membahas ini, tapi tutorialnya ribet sekali, mungkin karena saya belum ngerti kali ya, ahirnya tekad bulat membaca tulisan ingris deh pada web nya, suer satu jam sekali ke dapur pasang rokok, (bertanda otak panas ini) huasem.. tapi sekarang sudah mengerti saya ingin menjelaskan cara caranya, dan saya akan menjelaskan secara detail agar semua mengerti, oh iya youURLs ini ada plugins nya lo, buat wordpress juga ada, dan tidak kalah dengan goo.gl pada yoURLs ini kita bisa melihat statistic url yang kita short, biasanya hanya menambah symbol plus(+) pada url yang sudah di short, langsung saja wis, ini termasuk wujud balas dendam rasanya. (ini saya ngomong apa sih?) apa yang kita butuhkan?
mungkin anda sudah tahu, domain, hosting untuk hosting PHP dan SQL cukup dah, langsung saja.
  1. Download installasinya youRLs nya, disini. Saya ingin test untuk yang versi 1.5 saja karena ini yang terbaru sih, download dulu, kalau bisa jangan pakai wget SSH ya, download manual saja.
  2. Sesudah download anda pecah atau extract file zip nya,
  3. Lalu menuju control panel anda, buat data MySQL nya, sesudah itu buka extract kan tadi, pada folder atau directory cari file bernama config-sample.php file ini berada pada folder /user/ kalau tidak ada cari pada folder /includes/ 
  4. Setelah ketemu, rename file config-sample.php menjadi config.php
  5. Buka file config.php nya lalu isi seperti data yang dibutuhkan, seperti ini.
    define( 'YOURLS_DB_USER', 'dbuser' ); // ini nama DataBase usernya
    define( 'YOURLS_DB_PASS', 'dbpassword' ); // database password
    define( 'YOURLS_DB_NAME', 'yourls' ); // nama database nya
    define( 'YOURLS_DB_HOST', 'localhost' ); // server database lihat keterangan
    define( 'YOURLS_DB_PREFIX', 'yourls_' ); // ini table untuk db nya, (bisa dibiarkan)
    define( 'YOURLS_SITE', 'http://site.com' ); // ini isi dengan alamat URL anda
    define( 'YOURLS_HOURS_OFFSET', 0 );  // ini timezone bisa di atur +7 untuk jakarta
    define( 'YOURLS_UNIQUE_URLS', true ); // saya jelaskan di akhir
    define( 'YOURLS_PRIVATE', true ); // ini saya jelaskan di akhir
    define( 'YOURLS_COOKIEKEY', 'qQ4KhL_pu|s@Zm7n#%:b^{A[vhm' ); // ini cookie bisa anda tawur berapa saja atau tulis yang ga karuan dah, bisa lihat contohnya disini.
    $yourls_user_passwords = array(
        'username' => 'password', // ini pasword untuk admin, username(nama admin) password (password admin)

  6. setelah di edit semua bila file sample-config.php yang anda rename tadi ada pada folder /user/ maka biarkan saja, kalau masih di /includes/ copy kedalam folder /user/ lalu anda zip atau compress dan upload pada hosting anda. alangkah lebih baiknya semua file berextensi .txt rename saja, seperti sample-remote-api-call.php.txt rename menjadi remote-api-call.php ini saran saja, tidak juga tidak apa².
  7. Sesudah itu anda langsung bisa akses alamat URL anda, contoh http://ciut.cf maka akan muncul /index of :ek: wkwkw, wung tadi kan tidak ada index.php nya, gimana sih, nanti saja proses instalasi dulu, pergi ke http://namadomain.com/admin/ contoh http://ciut.cf/admin/ kalau tidak jalan tambahain /install.php, /admin/install.php lalu install dulu dengan cara klik install YOURLS
  8. Setelah muncul
    File .htaccess successfully created/updated.
    Table 'gociut_url' created.
    Table 'gociut_options' created.
    Table 'gociut_log' created.
    YOURLS tables successfully created.
  9. Anda bisa login ke http://namadomain.com/admin/ atau klik login adminstrator.
Untuk loginnya sesuai dengan data yang anda buat tadi pada
$yourls_user_passwords = array(
    'username' => 'password',
Anda bisa mulai membuat url pendek pada admin area

Nah tadi kan belum ada index.php nya, anda bisa menggunakan index.php pada file sample-public-front-page.php.txt rename saja menjadi index.php, lalu bagaimana sih agar bisa share? ini disebut public dan private, kalau public berarti semua orang bisa memakai, tapi kalau private hanya yang teregistrasi saja yang bisa menggunakan.
Untuk melihat cara membuat user resgistrasi mudah, tambahkan saja yang tadi itu "username" => "password" pada line dibawahnya, lebih jelasnya lihat disini. sesudah itu, bila anda menggunakan public atau untuk umum edit file /user/config.php cari line pada config.php yang ini.
define( 'YOURLS_PRIVATE', true );

ganti true dengan false, ini sudah cukup untuk lebih jelasnya disini.
Untuk memodifikasi, kalau pada awal akan muncul seperti ini.
nah untuk menghapus Optional title itu atau edit2 warna tema atau apalah anda bisa mengedit² file index.php nya :)
Lalu bagaimana agar nama short kita tidak bisa dipakai orang, ini egois namanya, wkwkw kan sudah di public masa tidak boleh dipakai orang, oke saya jelaskan, kalau nama / nickname atau singkatan pendek anda tidak boleh dipakai orang edit lagi file config.php pada line 73 (ini kalau orginal) anda akan menemukan script seperti ini:
$yourls_reserved_URL = array(
    'porn', 'faggot', 'sex', 'nigger', 'fuck', 'cunt', 'dick', 'gay',
nah tambahkan saja pada line yang itu, contoh: 'eggoez', dan akhiri dengan (,) coma, terus save lagi, kwkwwkwk mudah kan? Selamat mencoba  :D Oh iya ini sample atau hasil dari yang saya buat dan saya obrak abrik :D ada di http://ciut.cf & http://ayyo.ml semoga bermanfaat.. amien..

22 komentar:

  1. makasih banyak infonya bisa langsung dipraktekin nih

    BalasHapus
  2. [+] tambahan, mungkin ada yang belum tahu redirecting untuk domain.com ke www.domain.com tambahkan script dibawah ini pada .htaccess file di server root anda:

    Untuk tanpa www mengarah ke www
    RewriteEngine on
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^myciut.tk$
    RewriteRule ^(.*)$ "http\:\/\/www\.myciut\.tk\/$1" [R=301,L]

    Untuk yang ingin mengarahkan www ke tanpa www
    RewriteEngine on
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.i-ciut\.tk$ [NC]
    RewriteRule ^(.*)$ http://i-ciut.tk/$1 [R=301,L]

    Ini tidak berlaku pada semua server penyedia hosting, tergantung Os yang dipakai hosting, namun yang di atas itu yang sering digunakan dan simple.. :) silahkan rubah domain anda sendiri.. untuk redirect nya automatic.. Ex: http://www.i-ciut.tk/hosting akan mengarah otomatis ke http://i-ciut.tk/hosting :)

    BalasHapus
  3. waahh ane salut nih sama pembuatnnya gg bingung apa ??? THANKS INFONYA

    BalasHapus
  4. gann tolong yaa buatin tutorial bikin shorturl di IDHOSTINGER>COM pleassee
    satriashare@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. wah, sebelum nya maaf gan, saya sudah tidak pernah pegang internet lagi mulai okt 2011, ini saja pakai hape gan, hehe, semua hosting sama kok gan, asal syarat diatas sudah cukup langsung praktekin, sambil baca pelan pelan aja, insyaALLAH ngerti.. tx..

    BalasHapus
  6. matap juragan
    ane berhasill
    terimakasih inponya ya

    BalasHapus
  7. gan.. caranya supaya ketika masukkan link langsung acak huruf bagaimana? http://i-ciut.tk/dDfdfd begitu, biar ga seperti http://i-ciut.tk/a1 begitu

    BalasHapus
  8. halooo.. maaf terlambat.. menggunakan plugins Random Keywords

    BalasHapus
  9. thanks infonya
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. udah ane setting macem tu tapi kok malam gagaal ya ??
    ada solusi kh?
    error dia

    BalasHapus
  11. mantaff infonya
    jangan lupa kunjungi http://www.bangsat-ria.wc.lt

    BalasHapus
  12. gan kalo biar ada redirectnya gimana ya,, seperti adf.ly

    BalasHapus
  13. Warning: require_once(/home/u335779524/public_html/includes/load-yourls.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u335779524/public_html/admin/index.php on line 3 Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/u335779524/public_html/includes/load-yourls.php' (include_path='.:/usr/lib/php') in /home/u335779524/public_html/admin/index.php on line 3


    tuh kenapa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warning: require_once(/home/u335779524/public_html/includes/load-yourls.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/u335779524/public_html/admin/install.php on line 4 Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/u335779524/public_html/includes/load-yourls.php' (include_path='.:/usr/lib/php') in /home/u335779524/public_html/admin/install.php on line 4

      Hapus
    2. itu file load-yourls.php tidak ada gan, coba cek atau cek di index nya, ada line seperti ini gan
      require_once( dirname(dirname(__FILE__)).'/includes/load-yourls.php' );
      nah yang pasti yang ditunjukan itu salah, file nya tidak ada.

      Hapus
  14. Did you know that you can shorten your long urls with BCVC and make cash from every click on your shortened urls.

    BalasHapus

Ada yang mau Anda sampaikan? Silahkan Anda masukkan komentar, kritik atau saran Anda! Dan terimakasih untuk tidak spam.