Lindungi Artikel apa Cukup Dengan Scripts

wuih.. subuh subuh saya bangun mencoba menenagkan diri sejenak dengan minum kopi + susu coklat sambil pasang marlboro di depan komputer, melihat blog ini kok postingan anak-anak semalem hanya berisi mesummmm saja, membuat saya menjadi mencoba untuk googling blogwalking atau apalah itu namanya, sekedar ingin tahu apakah kabar terbaru hari ini, pas tiba tiba masuk salah satu blog yang sungguh membuat saya tertawa.. mengapa
begitu, karena dia posting tentang artikelnya yang dicuri / dibajak dengan orang lain, dan dia merasa jenuh karena yang mencuri artikelnya tidak mencantumkan sumber atau link, bahkan sang pencuri telah merubah nama penulisanya,, sungguh malang itu nasip orang yang dicuri, namun yang dicuri artikelnya malah mebalas lebih kejam, untuk lebih jelasnya silahkan klik disini.. tentunya bagi anda anda juga tidak mau kalau artikel yang anda tulis begini dicuri oleh orang lain, apalagi kejadian seperti punya orang itu, huaaa,,, kalau tidak ketahuan sih tidak apa-apa.. tapi kalau ketahuan bagaimana? maksutnya bagaimana dengan kita yang jelas-jelas melihat tulisan kita dipampang diblog orang dan di auth nama dia, tidak cantumin sumber lagi.. tapi setelah aku googling lagi menemukan beberapa blog yang menulis tantang cara aman postingan agar tidak dicuri, yaitu dengan cara mematikan klik kanan, dan survey saya juga ada blog-blog teman-teman sudah dipasang script itu, sebenarnya menurut saya pribadi tidak berguna itu script dan hanya buat loading blog menjadi lebih lama sedikit, kerena apa? karena setelah saya melakukan pembuktian bagaimana script itu bisa berhenti ternyata membuahkan hasil yang bagitu bagus, cara pertama yang saya pakai adalah dengan membuka artikel dan sebelum loading done atau selesai saya stop, dan kemungkinan berhasil, karena mungkin browser kita belum membaca / read content script yang dipasang tersebut.. lalu saya teringat sesuatu, tentang script yang dulu saya coba buat, hampir mirip sebenarnya, hanya saja yang klik kanan itu hit, sedangkan punya saya if done, tanpa pikir panjang saya langsung lihat / buktikan salah satu blog yang memakai script itu,, ketika saya klik kanan muncul seperti ini:
disitu alert nya "Mau ngejiplak ya? Kreatif dong, jangan jadi plagiat!! bla bla bla.."lalu saya mencoba memaksa klik kanan lagi dan klik lagi, dan hasil ahirnya adalah seperti gambar ini:

saya memakai mozilla firefox 4.0, dan mungkin version yang sebelumnya sudah ada peringatan untuk hentikan script java script yang terus menerus, dengan kita mencentang tautan yang saya lingkari itu dan klik Ok, maka firefox tidak akan membaca script kategori yang sama, atau anda seting saja di menu tools options dan buang centang pada enable java scripts, sehingga firefox tidak membaca file .js jadi kita bebas menge-klik kanan semau kita, copas copas.. hehehe.. sebenarnya menurut saya pribadi sih juga penting pengamanan artike itu.. hanya saja untuk orang kategory banyak ide akan mencari tau kelemahanya, dan saya pun memakasi script diblog ini, tapi script yang saya pakai beda, bukan script untuk matikan klik kanan, tapi ya coba saja lah, terlihat seperti bukan tulisan text, membeku semua layaknya gambar yang anda baca, ya kan?, tapi ini juga masih bisa dicuri, bagaimana?, tapi setelah saya kasih tahu semoga anda tidak mencuri artikel saya *kidding* heuheu... kenapa ambil repot, buang saya tanda centang pada pengaturan mozilla anda untuk content enable java script dengan cara itu semua script akan dinonaktifkan, atau cari saja page sourcenya, copy paste di entry kita, bahkan semua content yang ada images atau apa itu bisa juga langsung jadi, dan untuk mencuri gambar2 itu tidak susah kok temans, walaupun memakai script seperti cardname saya, yang icon gambarnya bila diklik kanan tidak bisa View images / Copy Images Locations, tapi mudah kok bila kita belajar script, apa lagi dengan adanya mozilla, yang sudah menawarkan fitur2 yang anda butuhkan mulai save page as atau page source, hehe,, dan cara ini terbukti lo kalau jejak kita itu tidak diketahui, jejak apa maksutnya, jejak yang dibawah ini, mungkin anda berminat buat dipasang diblog anda, begini, ahir-ahir ini kan banyak blog / web situs situs yang memasang pelindung buat artikelnya dengan memanfaatkan situs-situs yang memberikan layanan detect copy paste or ctrl + c,v, diantaranya Tynt Insight walupun tidak 100% melindungi tetapi dengan kita mendaftarkan blog kita, kita akan tau / mendapat informasi tentang postingan yang di copas, dari mulai sebagian artikel sampai keseluruhan bisa di deteksi secara lengkap. Begitupun dengan gambar yang di copas, bisa diketahui situs yang mencopas & yang terpenting adalah tynt insight ini bisa membuat link otomatis apabila keseluruhan postingan anda di copas,  yaa setidaknya dengan situs ini bisa mempersempit ruang gerak para plagiater (pengcopy paste). setelah anda mendaftar di situs tersebut akan di berikan script untuk di tanam di editor html blog anda (blogspot). Contoh script nya seperti di bawah ini :

disimpanya tepat dibawah code <head> agar script lebih dulu dibaca, dan ketika script itu dipasang blog anda akan dijaga 24jam *wuizz* dan anda akan menerima email laporanya setiap minggu dan bisa disetting setiap hari.. hehehe.. tapi
saran dari saya sih buat anda-anda yang jago pemahaman kode script yang sudah tidak bisa dicegah dengan script apapun, dan hobi anda copas artikel jangan lah ya copas copas artikel orang, ya kalau mau copas ya minta izin dulu gt kek sama penulisnya, atau bawahnya anda kasih link asli nya, agar tidak ada permusuhan buat user blogger, upzz.. karena anda bingung dan saya juga sudah bingung mau tulis apa lagi, sekian postingan saya kali ini, mau mandi dulu.. semoga bermanfaat..

4 komentar:

  1. Wahh ini dia nihh yang lagi saya cari..
    emang ngejengkelin bgt tuu sii tukang coppas..
    :(

    BalasHapus
  2. Are you paying over $5 / pack of cigarettes? I'm buying my cigarettes over at Duty Free Depot and this saves me over 60% on cigarettes.

    BalasHapus

Ada yang mau Anda sampaikan? Silahkan Anda masukkan komentar, kritik atau saran Anda! Dan terimakasih untuk tidak spam.